Akankah Upah Non Pertanian Menguntungkan atau Merugikan Dolar?

Kuartal ketiga dimulai dengan ekuitas konsolidasi dan mata uang. Saham diperdagangkan sedikit lebih tinggi sementaradolar ASbergerak lebih rendah, memungkinkansterling, dolarKanada,AustraliadanSelandia Baruuntuk memperpanjang keuntungan mereka. Kasus-kasus Covid-19 di AS terus meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan, suatu tanda bahwa pemerintah AS memiliki sangat sedikit kendali atas krisis yang sedang tumbuh. Namun investor terus bertahan dan berharap bahwa angka kematian akan tetap rendah dan vaksin atau pengobatan akan dikembangkan dalam waktu dekat. Hari ini, Pfizer (NYSE:PFE) merilis hasil awal yang positif dari uji coba vaksin tahap awal. Meski tampak menjanjikan, penting untuk disadari bahwa hanya 45 orang yang berpartisipasi dalam persidangan itu. Ada perusahaan lain dengan vaksin dalam berbagai tahap uji coba sehingga harapannya adalah bahwa berita yang lebih menjanjikan akan menyusul. Vaksin tidak perlu dikembangkan dalam waktu dekat, hanya secercah harapan yang ada sudah cukup untuk memperkuat aliran pasar.

Sementara itu, fokus bergeser ke prospek ekonomi AS.Upah non pertanianakan dirilis pada hari Kamis minggu ini alih-alih hari Jumat karena hari libur dan seandainya tidak ada lonjakan baru-baru ini dalam kasus-kasus AS dan berhenti dalam pembukaan kembali oleh negara-negara besar, prospek tenaga kerja lebih lanjut pemulihan pasar akan sangat baik untuk mata uang dan ekuitas. Sayangnya, investor akan melihat data Juni dan khawatir tentang apakah keuntungan ini dapat dipertahankan pada kuartal ketiga.

Untuk traders, ini berarti bahwa laporan pekerjaan yang lebih lemah dapat memiliki dampak yang lebih signifikan pada mata uang dan ekuitas daripada yang kuat. Ekonom mengharapkan pemulihan 3 juta pekerjaan bulan lalu dengantingkat pengangguranturun menjadi 12,5% dari 13,3% danpenghasilan per jam rata-rataturun -0,8%. MenurutADP2,3 juta pekerjaan ditambahkan pada bulan Juni, yang kurang dari yang diperkirakan.Challengermelaporkan kenaikan PHK 305%. Jika pertumbuhan pekerjaan kurang dari itu, tingkat pengangguran semakin buruk, bukannya membaik atau ada revisi turun besar untuk laporan bulan lalu, kita bisa melihat aksi jual likuiditas rendah yang signifikan dalam ekuitas yang mendorongUSD/JPY,EUR/USDdan semua pasangan mata uang utama lebih rendah. Angka yang buruk akan memicu penghindaran risiko dengan memastikan bahwa pemulihan tidak sekuat yang diperkirakan semua orang, membuat beberapa bulan ke depan lebih menantang.

Namun, pertumbuhan pekerjaan positif bulan lalu adalah kejutan besar karena semua orang memperkirakan kehilangan pekerjaan, jadi jika perbaikan ini dipertahankan tanpa revisi penurunan besar ke laporan Mei, investor akan lega. Kami akan melihat reli awal dalam ekuitas dan mata uang berisiko termasuk USD/JPY. Tetapi keuntungan bisa memudar dengan cepat karena investor menyadari angka-angka ini dapat memburuk dengan cepat jika negara membalikkan kebijakan pembukaan kembali.Industrilayanan makanan di tempat-tempat seperti Florida, California dan Texas akan sangat terpukul dengan penutupan bar dan klub malam. Menurut Gubernur California Newsom, pembatasan baru akan diumumkan sebelum 4 Juli karena negara melaporkan rekor 9.740 kasus Covid-19 baru; pembatasan diharapkan mencakup penutupan 3 minggu untuk restoran. Ekonomi AS masih jauh terpuruk dan laporan besok akan memberikan kenyamanan di masa-masa yang penuh ketidakpastian. Langkah-langkah yang diambil oleh Gubernur seperti Newsom diperlukan pada konsekuensi dari pemulihan.

Untuk itu, kami pikir setiap reli pada mata uang dan ekuitas dapat memudar.Dolar Kanadadan Australia adalah yang paling rentan terhadap kelemahan. Pemulihan di Kanada berjalan lambat dan mereka akan menahan diri untuk tidak membuka kembali perbatasan mereka sampai AS dapat menangani krisis Covid-19 dengan lebih baik.Australiabaru saja mengumumkan tindakan lockdown baru di area hotspot di Melbourne, kota terpadat kedua. Data terbaru juga beragam, dengan aktivitas manufaktur yang lebih kuat diimbangi oleh penurunan tajam pada izin bangunan.