Awan Hitam Bayangi Data Tenaga Kerja yang Kuat

Berdasarkanlaporan pekerjaanterbaru, ekonomi AS mencatatkan kinerja yang baik. Sekitar 4,8 juta warga Amerika kembali bekerja di bulan Juni menyusul peningkatan hampir 2,7 juta di bulan Mei. Tingkat pengangguran turun menjadi 11,1% dari 13,3% dan perbaikan ini mendorong dolar AS dan saham lebih tinggi. Sayangnya, dolar AS tidak dapat mempertahankan kenaikannya karenaUSD/JPYdanEUR/USDdiperdagangkan kembali ke level pra-NFP.

Setelah Biro Statistik Tenaga Kerja mengakui bulan lalu bahwa kesalahan klasifikasi mengecilkan tingkat pengangguran, investor bersiap untuk revisi penurunan besar untuk laporan bulan lalu. Namun, itu tidak terjadi dan sebagai gantinya upah non-pertanian direvisi lebih tinggi untuk bulan Mei, dengan lebih banyak warga Amerika kembali bekerja daripada yang diperkirakan sebelumnya. Jika kasus virus di AS tidak mencapai angka baru kemarin di atas 50.000, hal ini akan menjadi berita baik bagi ekonomi AS. Sayangnya, prospeknya tidak pasti dan penurunan pendapatan per jam yang lebih besar dikombinasikan dengan jam mingguan yang lebih rendah adalah tanda kerentanannya yang berkelanjutan.Jadi, walaupun keuntungan berada pada optimisme sinyal pasar ekuitas, awan gelap membayang laporan pasar tenaga kerja yang kuat, dan membingungkan prospek mata uang. Wabah Covid-19 di AS akan menjadi pendorong utama arus pasar. Jumlah kasus baru bersama dengan kematian dan tanggapan pemerintah yang menyertainya akan menentukan apakah keuntungan ini berkelanjutan. Jika langkah-langkah lockdown diperketat, mengarah ke penghematan lain dalam kegiatan ekonomi,USD/CHFdan mata uang beta tinggi lainnya akan jatuh. Kemudian, dukungan terhadap ekonomi tergantung pada Federal Reserve dan Kongres. Sepanjang krisis Covid-19, dukungan utama untuk pasar adalah likuiditas. Tunjangan pengangguran tambahan habis pada akhir bulan dan jika diperpanjang, itu merupakan bantuan jangka pendek bagi perekonomian yang akan mendorong EUR/USD,NZD/USDdan semua mata uang berisiko lainnya lebih tinggi bahkan ketika kasus virus meningkat.

Trading pada hari Jumat dapat sepi dengan pasar AS tutup untuk libur 4 Juli. Revisi untuk ZonaEurodan PMIInggrisdijadwalkan untuk dirilis, tetapi kami tidak mengharapkan langkah besar. Euro mempertahankan kenaikannya pada hari Kamis meskipun data campuran NFP dan zona euro lebih baik. Harga produsen turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan Mei, sementara tingkat pengangguran naik hingga 7,4% dari 7,3%.Sterlingjuga bergerak lebih tinggi, tetapi mata uang berkinerja terbaik adalah dolar Selandia Baru, yang kemungkinan diuntungkan dari penjualanAUD/NZDsetelah langkah-langkah lockdown baru diterapkan di pinggiran kota Melbourne. DataAustraliaterus membaik dengan surplus perdagangan meningkat dan laporan penjualan ritel malam ini cenderung menunjukkan pemulihan permintaan. Data trading yang lebih kuat danharga minyakyang lebih tinggi memicu kenaikan terhadapdolar Kanada.