Koreksi Emas Kemungkinan Belum Berakhir

Pada malam pidato pertamaJay Powelltentangnew inflation directionuntuk Amerika, saya menulis bahwa pasar emas memberikan sedikit petunjuk tentang bagaimana itu mungkin untuk menanggapi alamat Ketua Fed.

Saya mengatakan hal tersebut karena kekhawatiran yang jelas bagi saya. Saat itu adalah dini hari perdagangan Asia pada hari Rabu danspot price of goldterus turun sekitar $10 menjadi $15 per ons. Spot tersebut tak berdaya di bawah kekuatan dolar, yang tiba-tiba berubah dari ‘kasta paria’ yang hampir tidak ada yang mau menyentuh sebulan yang lalu menjadi pangeran menawan dari sebuah aset.

Penurunan emas seharga $10- $15 tentu merupakan hal kecil. Tapi emas masih meluncur dan tidak mengalami reli dalam lebih dari 24 jam tersisa untuk sebuah acara yang jelas ditandai sebagai emas bullish. Hal tersebut memberikan saya informasi bahwa bank terbesar, pengelola investasi global, dan rumah perdagangan mungkin memiliki rencana lain.

Terlepas dari kelemahan awal itu, Rabu menghasilkan reli harian terbesar pada emas dalam seminggu, memungkinkan harga spot untuk menetap di atas $1.950 untuk pertama kalinya sejak 18 Agustus. Pemandangan tersebut tampaknya akan menguji ulang $1.980 pada hari Kamis, yang jika berhasil, bisa mengantarkan emas kembali ke $2.000 dan di atas titik tertinggi.

Ternyata, emas spot tidak pernah mencapai titik $1.980 pada hari Kamis, dihentikan pada $1.976.60.Benchmark's futures contractdi Comex, menetapkan harga terbaik $1.987. Dari sana, semuanya turun, kembali ke $1930-an untuk kontrak spot dan futures.

Jebakan Keliru Kedua Selama Dua Pekan untuk ‘Long’ Emas

Secara efektif, itu adalah jebakan kedua yang dipasang dalam dua minggu untuk long emas. Dan, sekali lagi, ini melibatkan Fed (yang pertama dari 11 Agustus ketika risalah bulan Juli Bank Sentral memberikan alasan yang dimaksudkan untukrejecting yield curve controlsmenjadi pemicu yang menggelikan untuk membeli dolar dan booting emas).

Koreksi Emas Kemungkinan Belum Berakhir-1
XAU/USD Daily

Bagan milik: Sunil Kumar Dixit

Kembali ke hari Rabu, saya menyadari bahwa saya tidak salah bahwa pasar emas telah menunjukkan secercah petunjuk di jam-jam terakhir menjelang pidato Powell — bahwa ia akan menanggapi secara negatif perubahan penting dalam cara Fed menafsirkan inflasi untuk mengelola ekonomi dan pekerjaan di AS dengan lebih di masa depan.

Semua petunjuknya ada di media dan di rim penelitian yang dikeluarkan oleh bank dan rumah perdagangan besar yang telah terpukul selama seminggu terakhir yang disampaikan melalui "berita" bahwa Powell akan mengumumkan target inflasi rata-rata. Dengan hampir tidak ada unsur kejutan tersisa dalam pidatonya, ketua Fed tetap berpegang pada naskah yang telah dicetak selama berhari-hari.

Jika ada, dia meninggalkan satu hal yang ingin didengar lebih banyak oleh para traders ini — janji Fed yang jelas untuk membeli lebih banyak aset. Saya tidak menyalahkan Powell karena menolak memberikan lebih banyak adiktif kepada pecandu yang sangat menginginkan stimulus; ini adalah pidato tentang kerangka kebijakan baru, bukan konferensi pers bulanan tentang tarif.

‘Buy-The-Rumour, Sell-The-Fact’ Klasik

Dalam hal emas, yang terjadi adalah Buy-The-Rumour, Sell-The-Fact’ klasik. Oh,S&P 500mendapat rekor tertinggi secara cuma-cuma, karena saham tiba-tiba terlihat "sangat panas" dengan Fed berniat untuk mempertahankan suku bunga mendekati nol untuk beberapa tahun ke depan.

Jadi, sangat menghibur bagi saya untuk melihat komunitas keuangan mencoba menjelaskan kegilaan pasar hari Kamis kepada kebijaksanaan investor dalam melihat bagaimanaTreasury yieldsdan dolar akan mendapat manfaat dari target baru Fed, dengan mudah mengabaikan aset nyata seperti emas dari prosesnya. Bahkan lebih menggelikan lagi melihat pembenaran mereka atas kerugianDollar Indexdari 93-handle krusialnya dalam perdagangan Asia hari Jumat di tengah kenaikan emas — ya, aset riil sedang digemari lagi!

Jeffrey Halley, salah satu oposisi pasar terbaik di luar sana, mungkin mengungkapkannya dengan sangat baik. Analis pasar senior untuk OANDA di Asia Pasifik mengatakan target inflasi rata-rata Fed pada dasarnya adalah "pengakuan bahwa pemulihan tidak akan berbentuk V yang diidamidamkan yang sering didalilkan oleh para gnome pasar saham." Dia menambahkan:

"Saya berharap kata 'inflasi' dipelintir oleh para gnome FOMO di pasar saham menjadi sinyal bullish lainnya. Inflasi berarti pendapatan perusahaan naik, ya? Beli Mortimer, beli.”

FOMO atau Fear Of Missing Out, inilah yang mendorong investor untuk mengambil risiko di berbagai pasar untuk mendapat untung dari mana saja.

Kolega Halley yang berbasis di New York di OANDA, Ed Moya, juga memiliki pengamatan menarik tentang bagaimana Fed berevolusi menjadiBankof Japan dengan sangat “bersabar” menghadapi kenaikan suku bunga. Dia berkata:

"Dengan penerapan yang memungkinkan inflasi melampaui target mereka, Fed perlahan-lahan menjadi BOJ,"

Jadi, apa yang disimpan untuk emas di era baru mendekati nol untuk suku bunga yang lebih lama dan manipulasi traders terhadap tujuan Fed untuk tujuan mereka?

Outlook ‘Semua Memungkinkan’

Pada dasarnya, ini adalah pandangan ‘semua memungkinkan’. Dalam jangka pendek, pandangan saya adalah bahwa kita belum selesai dengan koreksi penurunan — sesuatu yang disetujui oleh analis teknis independen Sunil Kumar Dixit. Dia berkata:

“Untuk emas, penolakan pada $1967 hingga 1970 dapat menarik penjualan lebih lanjut, mendorong logam tersebut menuju $1.930- $1.915- $1.898 & $1.862. Namun perlu diingat bahwa akan ada banyak peluang pembelian di area dukungan setiap kali emas didorong ke bawah dan akan melambung lebih tinggi. Mereka dapat terus mendorong penurunan sampai titik terendah yang lebih tinggi ditetapkan pada jangka waktu yang lebih lama, yang akan menandai pembalikan."

Koreksi Emas Kemungkinan Belum Berakhir-2
DXY Daily

Itu tidak berarti lawan emas, dolar, juga aman. Dia menambahkan:

"Setiap pergerakan naik dalam IndeksDolardapat mencoba menguji ulang titik tertinggi hari Kamis di 93,35, melampaui 93,48, tetapi garis merah adalah 93,80. Saya memperkirakan DX akan menembus titik terendah hari Kamis di 92,35 di beberapa titik, mencapai titik lebih rendah sebelumnya di 92,11, dan memanfaatkan dukungan sesaat di 91,85."